Aceh Tengah Dukung Transisi PAUD-SD Menyenangkan

0
280

Takengon (ANTARA) – Bunda PAUD Aceh Tengah Novita Mirzuan mengatakan kebijakan transisi PAUD ke SD Menyenangkan dipastikan akan terlaksana dengan baik di daerah itu.

Pihaknya, kata Novita, berkomitmen akan mendukung penuh program dari Kemendikbudristek tersebut untuk ikut mencerdaskan anak bangsa.

“Ini merupakan komitmen dan dukungan kita untuk mencerdaskan anak bangsa,” kata Novita Mirzuan di Takengon, Sabtu.

Menurutnya, Komitmen Bersama Bunda PAUD se Indonesia untuk mendukung program ini juga sudah terlaksana pada 7 Juni 2023 di Jakarta dan dihadiri langsung Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Novita menuturkan Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak seluruh peserta untuk meluruskan miskonsepsi bahwa keterampilan calistung tidak boleh dibangun di PAUD tanpa kemampuan literasi dan numerasi.

“Tujuannya agar peserta didik tidak hanya menghafal huruf dan angka saja, namun juga mampu memahami dan mengolah informasi secara kritis,” ujarnya.

Lanjutnya, kemampuan literasi dan numerasi harus dibangun dalam cara bertahap dan dengan pendekatan yang menyenangkan.

Karena itu, kata dia, komitmen bersama seluruh pihak dalam hal ini diharapkan dapat mewujudkan program transisi PAUD ke SD Menyenangkan demi terwujudnya merdeka belajar.

Pewarta: Kurnia Muhadi
Editor : Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Sumber: https://aceh.antaranews.com/berita/337326/aceh-tengah-dukung-transisi-paud-sd-menyenangkan