Tangkal Hoaks Jelang Pemilu 2024

0
33

Seiring dengan lajunya perkembangan teknologi informasi dan era keterbukaan informasi, memudahkan masyarakat menerima informasi dari berbagai penjuru. Namun hal ini tidak seiring dengan kemampuan memilih, memilah dan menelaah informasi secara baik sehingga berkembang opini yang justru merugikan masyarakat.

Kwartal pertama tahun 2023 sudah mulai hangat, mesin politik sudah mulai digerakkan. Dunia maya sudah dibanjiri konten-konten dari para peserta Pemilu 2024 di sosial media. Masyarakat bukan hanya mengakses konten tapi juga aktif menyebarkan konten di sosial media.

Menjelang Pemilu serentak 2024 suasana kontenisasi politik terus membuka celah bagi para penyebar berita bohong ( Hoaks) dan konten negatif di berbagai platform jejaring internet.Maraknya konten hoaks dan disinformasi dikhawatirkan mengganggu aspek keamanan, pilar budaya dan etika.

Program Ngobrol Seputar Opini Publik (NGOPI) yang diselenggarakan Dinas Komunikas, Informatika dan Persandian Aceh,  berisikan informasi tentang program pembangunan Pemerintah, termasuk upaya menangkal hokas dan mengingatkan warga agar tidak mudah terpengaruh dengan kabar bohong.