Berapa Lama Merebus Ketupat Agar Empuk dan Awet? Simak Tipsnya!

0
216
ketupat

Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Menu khas Idul Fitri yang selalu tersedia di rumah adalah ketupat. Namun bagaimana supaya ketupat terasa empuk dan bisa awet atau tahan lama. Lantas berapa lama merebus ketupat yang direkomendasikan?
Coba simak dulu penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berapa lama merebus ketupat, lengkap dengan tips membuat ketupat agar empuk dan awet.

Berapa Lama Merebus Ketupat?

Secara umum, merebus ketupat membutuhkan waktu 3-5 jam. Namun hal ini bisa berbeda jika menggunakan teknik berbeda pula. Berikut ini beberapa teknik membuat ketupat dan waktu yang dibutuhkan untuk merebus.

1. Teknik Merebus Biasa

Cara paling umum untuk membuat ketupat adalah merebus dengan memakai panci biasa. Gunakanlah panci yang berukuran besar. Didihkan air terlebih dahulu, kemudian baru masukkan ketupat ke dalam panci.

Lama merebus ketupat dengan teknik ini adalah 3-5 jam agar matang sempurna. Dalam tempo ini, kamu harus beberapa kali menambahkan air panas. Jangan sampai kehabisan air.

Tanda ketupat matang adalah ketupat mengembang dan warna daunnya sudah berubah. Selanjutnya, keringkan ketupat dan diangin-anginkan agar ketupat kering.

2. Teknik Presto

Cara kedua ini membutuhkan panci presto yang memungkinkan kita memasak lebih panas tanpa perlu waktu lama. Cara ini digunakan agar hemat waktu dan gas. Hasilnya pun tetap empuk dan pulen.

Baca juga: 9 Tips dan Langkah Menjalankan Pola Hidup Sehat

Pertama-tama, tambahkan air ke dalam panci presto, kemudian masukkan ketupat yang telah diisi beras. Pastikan air bisa merendam ketupat secara sempurna. Masak hingga mendidih, dengan ditandai bunyi nyaring dari panci presto.

Biarkan ketupat direbus selama 30 menit sejak panci pertama kali berbunyi. Setelah 30 menit, jangan langsung membuka tutup panci. Keluarkan uapnya terlebih dahulu hingga habis, lalu angkat dan tiriskan ketupat sampai kering.

3. Teknik 20-30-20-30

Teknik selanjutnya tidak membutuhkan peralatan khusus, tapi sangat perlu diperhatikan proses pembuatannya.
Pertama, rebus ketupat ke dalam air mendidih selama 20 menit menggunakan api sedang, kemudian matikan dan diamkan selama 30 menit.

Kemudian ketupat dimasak kembali selama 20 menit menggunakan api sedang. Matikan api dan diamkan kembali selama 30 menit.

Dengan teknik ini, kamu hanya membutuhkan waktu 100 menit atau 1 jam 40 menit. Tentunya cara ini lebih hemat waktu dan gas.

Tips Membuat Ketupat Empuk dan Awet

Perhatikan 5 tips berikut ini agar ketupat matang sempurna sekaligus awet atau tahan lama:

1. Memilih Bahan-bahan

Hal paling pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih beras yang baik. Beras yang berkualitas rendah juga akan menghasilkan ketupat yang kurang bagus. Pilihlah beras rojolele, pandan wangi, atau mentik spesial.
Sebelum dimasak, rendam beras dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka, tambahkan sedikit air kapur sirih agar ketupat sedikit kenyal.

Wadah ketupat juga harus dipilih dengan benar, yaitu yang ukurannya sama agar bisa matang bersamaan. Perhatikan juga kerapatan anyaman janur, pilih yang cukup rapat agar beras tidak keluar dari wadah.

2. Isian Ketupat

Saat memasukkan beras ke dalam ketupat, isilah sampai 2/3 bagian kulit. Setelah semua terisi, susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar.

Saat memasak, pastikan seluruh bagian ketupat terendam. Jika air menyusut, tambahkan air panas secukupnya.

3. Siram dengan Air Dingin

Agar ketupat awet atau tidak mudah basi, angkatlah ketupat setelah matang lalu siram dengan air dingin.

Cara ini dilakukan untuk membersihkan lendir dari janur yang menempel pada ketupat yang telah matang, serta menghilangkan kotoran pada sisa air rebusan ketupat.

4. Tiriskan Ketupat

Tips lain agar ketupat tidak mudah basi adalah dengan memastikan ketupat kering. Caranya dengan meniriskan ketupat setelah matang hingga benar-benar kering. Gunakan wadah bercelah seperti tampah.

5. Gantung Ketupat

Terakhir, gantunglah ketupat di tempat berangin dan terbuka agar sisa-sisa air terbuang dan ketupat tetap kering. Ketupat yang kering dapat membuatnya tahan lama.

Demikian telah kita ketahui berapa lama merebus ketupat agar empuk dan awet. Paling umum, merebus ketupat membutuhkan waktu 3-5 jam, namun bisa lebih cepat dengan menggunakan teknik lain. Selamat mencoba!

Source: detik.com